Minggu, 23 April 2023

Warta Jemaat Minggu, 23 April 2023

 Warta Jemaat Minggu, 23 April  2023

Syalom, salam sejahtera dalam kasih Kristus. Majelis GKJ Bangsa mengucapkan selamat  beribadah kepada jemaat, baik yang beribadah secara tatap muka maupun yang mengikuti secara live streaming. Majelis mengucapkan terimakasih pada para pelayan yang melayani pada Ibadah Minggu ini. Bagi Warga Jemat yang membutuhkan pelayanan khusus dapat menghubungi Majelis GKJ Bangsa setelah ibadah di ruang konsistori. Tuhan Yesus selalu memberkati. Kami sampaikan Warta Jemaat dan kegiatan GKJ Bangsa selama sepekan sebagai berikut :

I. Ibadah Umum, Minggu 30 April 2023  

Petugas Ibadah Petugas Ibadah 

Pengkhotbah Pnt. Ester Muria

Bahasa Indonesia

Waktu 08.00 WIB

Petugas Konsitorium Pnt.  Elis Yunaningrum

Pengakuan Iman & Pewarta Pnt.  Warsono

Persembahan Pnt.  Pujiono

Usher Keluarga Bpk.  Mulyosuwito

Pengiring/Organis Dkn. Teguh Margowaluyo

Pemandu Pujian Jemaat (PPJ) Ibu. Anjar W & Ibu. Asmah Ridah

Petugas Multimedia Operator: Sdri Devlin/ Kameramen : Sdr. Hansel / Soundmen : Sdr. Dwi Purwantoro


2. Ibadah Sekolah Minggu, 30 April 2023

Pujian Ibu. Gina Meilia Nita

Firman Kelasa Besar Bpk. Novianto Nugraha

Firman Kelas Kecil Ibu. Ambarwati Yusman

Pemusik Bpk. Sugianto & Sdr. Yulius Tri Hendrawan

Pendamping Sdri. Gea Merari 

Pendoa Sdri. Maretha Mika Yosiana



3.    Persekutuan Kaum Wanita Jemaat (KWJ), Persekutuan Doa Kelompok,  & Persekutuan Pemuda Remaja  Libur (menghormati hari raya Idul  Fitri).


4. Rincian Persembahan, Minggu 16 April 2023 

Pers Mingguan Rp.             325.000 Pers. Rogorumanti Rp.              10.000                                    

Pers Bulanan/Perpuluhan Rp,              100.000                Pers. Paskah Rp.           232.000 

Pers PD & Komisi Rp.              240.200 Pers. Pembangunan Rp.            240.000     



5.  Pembinaan Majelis Klasis Banyumas Selatan

Ditujukan kepada semua majelis se Klasis Banyumas selatan  terkait pembinaan majelis pada Sabtu 6 Mei 2023 di GKJ Bangkal pukul 12.00 - 16.00 WIB dengan tema pendampingan pastoral bagi keluarga konflik pembicara Pdt Handi HADIWITANTO, Ph.D (Dosen Fakultas Teologi UKDW). Mengundang masing—masing gereja minimal 5 maksimal 10 dengan kontribusi @Rp.25.000,- pendaftaran paling lampat 28 April 2023. Mengutus : Pnt. Novianto N, Dkn. Teguh M W, Pdt. Maranatha Aji K, Pnt. Warsono,  & Dkn. Asih P 


6.  Panitia Pembangunan 

Mengingatakan kepada jemaat untuk senantiasa mendukung pembangunan sarana Gedung Ibadah,  mendukung dengan cara  berdoa, daya, dan Dana (Janji Iman)


7. Sakramen Baptis & Pengakuan Percaya 

Majelis telah menerima surat permohonan Baptis/ Pengakuan percaya, maka pada ibadah Minggu, 23 April 2023 telah dilaksanakan Baptis dan Pengakuan Percaya.

Baptis anak :

Ecclescia Kerenhapukh Elforin -Anak dari Bp. Imanuel Indarto dan Ibu Martin Foraningsih (kelompok karangsari atas)

Jocelin Christina Laia -Anak dari Bp. Mareisa Laia dan Ibu Evi Indiani (Kelompok Kubang)

Graciell Jasmine Timoti - Anak dari Bp. Mugiyono dan Ibu Susi Haryati (Kelomok Karangsari Atas)

Baptis Dewasa :

Triadit Star Tegas Nugroho - Anak dari Bp. Sujiman & Sumiarsih (Kelompok Karangsari Atas)

Pengakuan Percaya/ SIDHI :

Emanuella Lidiya Nugraeni - Anak dari Bp. Sujiman & Sumiarsih (Kelompok Karangsari Atas)

Magdalena Krisna Wantin -- Anak dari Bp. Gunawan dan Ibu Sutin (kelompok Karangsari Atas)


8.  Perihal Cuti Pendeta GKJ Bangsa 

Pdt. Maranatha Aji Kusuma beserta keluarga akan cuti (berada di luar kota) pada tanggal 24 April—2 Mei 2023. 


9. Informasi Penjaringan Majelis GKJ Bangsa 

Penjaringan Penatua dan Diaken (Majelis) GKJ menurut Tata Laksana Sinode GKJ sebagai berikut

Syarat-syarat:

Warga dewasa dari gereja yang bersangkutan setelah sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun menjadi warga dan tidak berada dalam pamerdi, serta dipandang layak untuk menjadi seorang Penatua atau Diaken.

Warga gereja yang tempat tinggal dan kehidupan sehari-harinya memungkinkan untuk melaksanakan tugas sebagai Penatua dan Diaken.

Memiliki pengetahuan yang memadai tentang Alkitab, Pokok-pokok Ajaran GKJ, serta Tata Gereja dan Tata  Laksana GKJ serta menaatinya.

Sikap dan perilaku pribadi dan atau keluarganya tidak menjadi batu sandungan bagi warga gereja dan masyarakat.

Bersedia dan mampu memegang rahasia jabatan.

Mau dan mampu bekerjasama dengan orang lain.

Pencalonan, pemilihan, pemanggilan, dan peneguhan.

Pencalonan, pemilihan, pemanggilan, dan peneguhan Penatua dan atau Diaken menjadi wewenang dan tanggung jawab Majelis Gereja dengan memperhatikan pertimbangan dari warga gereja.

Majelis Gereja mewartakan bahwa dibutuhkan sejumlah tertentu calon Penatua dan atau Diaken dan mempersilakan warga gereja untuk bergumul dalam doa serta mengusulkan nama-nama calon Penatua dan atau Diaken kepada Majelis Gereja. Pewartaan itu disampaikan di dalam kebaktian hari Minggu dua minggu berturut-turut, dengan memberitahukan tentang syarat-syarat calon Penatua dan atau Diaken.

Berdasarkan usulan sejumlah nama-nama calon yang masuk dari warga gereja, Majelis Gereja memilih dan menetapkan sejumlah nama calon Penatua dan atau Diaken yang dibutuhkan dalam persidangan Majelis Gereja dengan mempertimbangkan tugas Penatua dan atau Diaken, juga faktor potensi warga gereja, kaderisasi, keberlangsungan program-program pelayanan gereja, jenis keahlian, dan pelayanan yang dibutuhkan.

Majelis Gereja menghubungi calon-calon yang sudah ditetapkan untuk menanyakan kesediaan mereka, setelah menjelaskan arti dan tugas panggilan Penatua dan atau Diaken kepada calon-calon tersebut.

Setelah nama-nama calon Penatua dan atau Diaken yang dihubungi menyatakan kesediaannya, maka nama calon Penatua dan atau Diaken tersebut diwartakan dalam kebaktian hari Minggu 2 (dua) minggu berturut-turut.

Majelis Gereja bertanggung jawab menentukan hari dan pelaksanaan pemilihan calon Penatua dan atau Diaken.

Dengan memperhatikan hasil pemilihan oleh warga gereja, Majelis Gereja menetapkan calon terpilih Penatua dan atau Diaken.

Apabila cara pemilihan seperti yang dimaksud dalam ayat (2).1-7. di atas tidak dapat dilaksanakan, maka penetapan Penatua dan atau Diaken diatur sebagai berikut:

a.  Setelah nama–nama calon Penatua dan atau Diaken yang dihubungi  menyatakan kesediaannya, maka Majelis Gereja menetapkan nama calon Penatua atau Diaken tersebut sesuai dengan kebutuhan, dan diwartakan dalam kebaktian hari Minggu 2 (dua) minggu berturut-turut. Dalam warta tersebut ditetapkan juga rencana hari dan tanggal peneguhan ke dalam jabatan Penatua dan atau Diaken.

b.  Warga Gereja dipersilahkan mempergumulkan dalam doa dan mempertimbangkan kelayakan dari calon Penatua dan atau Diaken.

9.   Jika tidak ada keberatan yang sah, Majelis Gereja menyampaikan panggilan kepada calon Penatua dan atau Diaken.

10.  Peneguhan ke dalam jabatan Penatua dan atau Diaken dilaksanakan dalam kebaktian dengan menggunakan pertelaan Peneguhan Jabatan Gerejawi yang berlaku. Dalam kebaktian peneguhan tersebut dilakukan penandatanganan pernyataan pejabat gerejawi yang berisi janji setia pada Alkitab, Pokok-pokok Ajaran GKJ, serta Tata Gereja dan Tata Laksana GKJ.

11.    Peneguhan jabatan Penatua dan atau Diaken dibatalkan jika ada keberatan yang sah. Hal itu diberitahukan kepada calon dan kepada yang mengajukan keberatan tersebut serta diwartakan dalam kebaktian hari Minggu 2 (dua) minggu berturut-turut.



11.    Peneguhan jabatan Penatua dan atau Diaken dibatalkan jika ada keberatan yang sah. Hal itu diberitahukan kepada calon dan kepada yang mengajukan keberatan tersebut serta diwartakan dalam kebaktian hari Minggu 2 (dua) minggu berturut-turut.


Tugas Penatua dan Diaken.

1.      Tugas utama Penatua adalah melaksanakan pemerintahan gereja demi terlaksananya tugas panggilan gereja.

Tugas utama Diaken adalah memelihara iman warga gereja dengan cara memperhatikan kesejahteraan hidup warga Gereja dan melaksanakan pelayanan kepada masyarakat umum.

10. Pokok-Pokok Doa Syafaat

Penatua, Diaken, Pendeta (Pnt. Warsono, Pnt. Novianto N, Pnt. Elis Y, Pnt Pujiono, Pnt. Ester M, Dkn. Teguh MW, Dkn. Asih P, Pdt. Maranatha Aji K) GKJ Bangsa dalam Keluarga, Pelayanan di Gereja, hubungan kemasyarakatan, pekerjaan dan dilimpahkan berkat serta rejeki setiap hari.

Komisi Anak (Ibu Ambarwati, Ibu Asmaridah, Ibu Resa, Ibu Gina Meilia N) supaya menjaga kesatuan hati, pikiran, jiwa dalam melayani anak-anak GKJ Bangsa diberkati keluarga & kesehatanya.

Komisi Pemuda Remaja (Sdri. Florentina Devin N, Sdri. Maretha Mikha Yosiana, Sdri. Magdalena) supaya menjaga kesatuan hati, pikiran, jiwa dalam melayani pemuda remaja GKJ Bangsa dan para pemuda remaja GKJ Bangsa mempunyai semangat dan ketertarikan hati pikiran untuk bersekutu bersama dengan Tuhan serta diberkati keluarga dan kesehatanya.

Komisi Dewasa yang meliputi KWJ (Ibu Sunariyah dan Ibu Purwati) serta Adiyuswo (Bp. Marto Atmojo) diberi kekutan dan semangat untuk melakukan apa yang Tuhan kehendaki.

Komisi Rogorumanti (Bp. Wiryo Sukarto,  Bp. Niswodiharjo, Ibu Asih Pujiati) diberikan kekuatan dalam melayani.

Komisi Pembangunan (Dkn. Teguh M W, Bp. Sudiman , Pnt. Warsono) berikan semangat untuk merancang bangunan GKJ Bangsa

Rencana Pembangunan Gedung GKJ Bangsa sepaya dicukupkan daya, tenaga dan dana. 

Kesatuan hati, pikiran dan iman jemaat GKJ Bangsa.

Para Jemaat GKJ Bangsa yang sedang sakit : Ibu Murniah, Ibu Resti, Ibu Tuminah, 

Bagi Bumi Nusantara (Bangsa Indonesia) Pemerintahan sampai rakyat selalu dalam karya Tuhan Yesus Kristus.

Badan Pelaksana Sinode GKJ (Pdt Aris Widaryanto sebagai ketua dan Pdt Sundoyo sebagai Sekertaris) dan Badan Pelaksana Klasis Banyumas Selatan (Pdt. Udin Firman Hidayat sebagai Ketua dan Pdt Sapti Yuli Narti Sebagai Sekertaris) pergumulan dalam program pelayanan. 

Persekutuan Gereja - Gereja Indonesia (PGI) ketua Pdt. Gomar Gultom dan BAMAG BANYUMAS (Ketua Pdt. Maria Puspitasari) 


Demikian Warta Jemaat Minggu, 23 April  2023

Atas perhatianya kami mengucapkan terima kasih  

Tuhan Yesus selalu menyertai pelayanan kita semua


 
KLIK TOMBOL HIJAU INI UNTUK BERTANYA KONSULTASI DENGAN PENDETA GKJ BANGSA VIA WHATSAPP - 085228765288
wa