Minggu, 14 Januari 2024

Memperdalam Spiritualitas dengan Memahami, Mengalami, dan Melakukan

 Memperdalam Spiritualitas dengan Memahami, Mengalami, dan Melakukan


Santo Dionisius dari Aeropagus adalah salah seorang martir Kristen yang gugur pada masa pemerintahan Kaisar Domitianus pada abad pertama masehi. Namanya disebut dalam Perjanjian Baru (Kis 17:34) sebagai anggota majelis Aeropagus yang menjadi percaya karena pemberitaan Injil Rasul Paulus di Atena. Dalam tradisi gereja purba ada “tiga tahapan spiritualitas” sebagai buah pemikiran Dionisius yang sangat terkenal dengan teologi “mistik”nya.

Adapun ketiga tahapan tersebut adalah: Pertama, Purification. Dalam tahap ini seseorang masih ada dalam keterpusatan pada diri sendiri. “Self centeredness which keep one from realizing the final goal.” Ia hanya berfokus untuk memahami realitas Allah lewat doktrin/rumusan-rumusan tertentu. Hal ini nampak dalam salah satu perkataan Yesus di Injil Yohanes, “Kamu menyelidiki Kitab-kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa olehNya kamu mempunyai hidup yang kekal, tetapi walaupun Kitab-kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepadaKu untuk memperoleh hidup itu.” (Yoh 5:39-40)

Kedua, Illumination. Tahap ini dapat digambarkan sebagai, “The mind being emptied of misconceptions.” Atau sebuah keadaan dimana pikiran kita mulai dimurnikan dari miskonsepsi tertentu tentang Allah. Seseorang mulai beranjak pada pengalaman iman, walaupun masih bersifat personal/individual. Barangkali hal ini tercermin dari perkataan Petrus dalam Lukas 5:8, “Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa.”

Ketiga. Union. Dalam tahap ini seseorang tidak dapat lagi menjelaskan Tuhan hanya dengan kata-kata dan doktrin. Pengalaman perjumpaannya dengan Tuhan telah mengubah hidupnya begitu rupa dan membuat hidupnya menyatu dengan hidup dan karya Kristus. Dengan perkataan lain, pengalaman itu membuatnya terdorong untuk melakoni jalan hidup yang telah ditempuh Kristus.


 
KLIK TOMBOL HIJAU INI UNTUK BERTANYA KONSULTASI DENGAN PENDETA GKJ BANGSA VIA WHATSAPP - 085228765288
wa