Minggu, 08 Januari 2023

Belajar Hidup yang berkenan di hadapan Allah

 Belajar Hidup yang berkenan di hadapan Allah


8 hari sudah kita melalui hidup di tahun 2023. Tak terasa memang, rasanya  baru saja kemarin mengikuti ibadah Minggu yang tepat pada awal tahun, bahkan di bulan desember 2022 hujan yang tidak kunjung henti hampir jampir menati sang surya gak kunjung bersinar, bahkan pada jumaat 23 Desember 2023 GKJ Bangsa banjir sampe masuk Gedung Gereja dan Pastori biaja nya hnaya di jalan depan pastori dan gereja saja kok tahaun 2022 masuk ya?, dan berbagai peristiwa lainya. Di tengah peristiwa menakjubkan yang kita alami beberapa hari yang lalu, apakah kita menunjukkan sikap hidup yang patut di hadapan Allah?

Pada minggu ini, kita diajak bersama memperingati peristiwa baptisan Yesus. Yesus dibaptiskan bukan karena Ia berdosa, melainkan karena adanya kehendak Allah yang hendak ditegaskan dan dilaksanakan-Nya dalam sejarah panjang umat manusia, yakni mengenai karya keselamatan. Melalui baptisan, Yesus hendak menyatukan diri-Nya dengan setiap orang yang mengaku dosa dan merindukan pertobatan, menyatukan diri-Nya dengan umat manusia yang rindu untuk berelasi dengan Allah. Dengan demikian, peristiwa baptisan Yesus dapat dimaknai sebagai sikap hidup yang disesuaikan, diselaraskan dengan kehendak Allah. Melalui peristiwa baptisan, Yesus mendeklarasikan sikap hidup yang patut di hadapan Allah. 

Dalam Matius 3:15, Yesus berkata kepada Yohanes “biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.” Kata ‘sepatutnya’ berasal dari bahasa Yunani yakni ‘prepon’ yang berarti layak, pantas, sesuai. Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan arti kata ‘patut’ sebagai: baik, layak dipuji, pantas, sesuai, dsb. Melalui baptisan yang Yesus lakukan, Ia hendak menunjukkan sikap hidup yang patut di hadapan Allah. 

Hal yang patut bukan berbicara mengenai sebuah kewajiban, keharusan, beban, ataupun melalukan sesuatu yang berkaitan dengan ancaman atau hukuman. Mematuhi kehendak Allah bukanlah sebuah keharusan atau kewajiban yang memaksa umat untuk hidup dalam ketaatan yang mengekang. Mematuhi kehendak Allah dengan menunjukkan sikap hidup yang patut di hadapan Allah dilakukan sebagai sebuah kesadaran akan nilai-nilai kepantasan, kelayakan, dan kesesuaian sebagai umat pilihan-Nya.

Maka, sudah menjadi hal yang pantas, layak, dan sesuai bagi setiap umat-Nya untuk melakukan, memikirkan, melihat, dan berkata hal-hal yang patut di hadapan Allah.

Menerima baptisan dan mengaku percaya bukan hanya sekadar membuat diri kita sah sebagai seorang Kristen, tetapi juga sepatutnya membuat sikap hidup kita mengikuti apa yang telah diteladani oleh Yesus. Karena melalui baptisan kita memiliki status baru yakni sebagai umat pilihan-Nya yang dipanggil untuk mengikuti sikap hidup-Nya. Dengan demikian, panggilan untuk memiliki sikap hidup yang patut di hadapan Allah bukanlah sebuah paksaan yang bersifat wajib dan mengekang, tetapi sebagai sebuah panggilan sadar yang membuat kita secara sadar melakukan hal-hal yang dianggap pantas, layak, dan sesuai sebagai umat-Nya.

Selamat memenuhi panggilan untuk secara sadar betul bahwa diri kita rapuh dalam menjalani hidup yang patut di hadapan Allah.

Setiap orang dari  mana pun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya. 

Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati.

Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."

Jadi,bersukacitalah karena Dia adalah Juruselamat bagimu juga.


 
KLIK TOMBOL HIJAU INI UNTUK BERTANYA KONSULTASI DENGAN PENDETA GKJ BANGSA VIA WHATSAPP - 085228765288
wa